Begadang ato saur


Menikmati hidangan santap sahur merupakan bagian dari ibadah shaum kaum muslimin. Selain itu, sahur menjadi salah satu rangkaian ibadah puasa Ramadan yang sangat disarankan. Rasulullah berpesan kepada umatnya agar tidak meninggalkan makan sahur meski hanya dengan seteguk air. Dengan sahur kita menyimpan energi dan membantu kondisi tubuh tetap prima selama berpuasa.

Nah, sebagai remaja Muslim, tentunya kita sudah tau dong firman Allah SWT dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 187 yang menegaskan untuk bersahur, “Dan makan minumlah kalian hingga telah jelas bagi kalian benang putih dari benang hitam waktu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa hingga malam.� Ayat di atas juga diperkuat dengan sabda Baginda Muhammad SAW yang berbunyi, “Barang siapa ingin berpuasa hendaknya bersahur dengan sesuatu.”

Meskipun sahur tidaklah wajib, tetapi sangat diutamakan alias sunnah muakkad, karena di dalam sahur tersebut terdapat nilai berkah atau nilai-nilai kebaikan. So, meskipun gak sahur kamu tetap terkena hukum wajib untuk berpuasa, yang penting di malam sebelumnya kamu telah berniat untuk berpuasa: “Innamal a’malu binniyat,”Sesungguhnya segala amal itu adalah tergantung dari niatnya. Wow, ternyata Allah benar-benar Maha Pengasih dan Maha Mulia.

Sepulang tarawih, detik-detik jelang sahur terkadang bikin kita bingung ngisi waktu harus ngapain. Perasaan bimbang pun menghinggapi hati dan pikiran kita, begadang, atau tidur nanggung? Waduh jadi dilema nih.

Banyak lagu lo yang bisa jadi pengantar tidur, Ari Laso misalnya, yuk kita nyanyi bareng, “Kupejamkan mata ini mencoba tuk melupakan, segala kenangan indah tentang dirimu.” Sementara nih kita lagi asyik-asyiknya tidur. Gak berselang lama, bokap atau nyokap bangunin kita, kata Saykoji, “padahal face masih ngantuk.” Kalau sudah kayak begini, biasanya hati gak ikhlas bangun sahur. Waduh jangan sampai nih guys.

Berbagi kisah jelang sahur, kita cari tau yuk apa saja yang dilakukan sahabat KeKeR? Yups, seusai salat subuh, kru KeKeR bertemu dengan Muh. Fachrul Salam. Siswa kelas 3 pesantren Madrasah Aliyah DDI Takkalasi Kab. Barru ini mengaku kalau dirinya memilih tidur daripada begadang.

“Saya pilih tidur, karena tiap malam saya bangun untuk salat lail, masalah tidurnya nanggung atau gak, sebenarnya tidur sehat itu tergantung kualitas, bukan durasinya, apalagi di bulan Ramadan ini, malamnya kita harus gunakan sebaik mungkin agar besoknya kita dapat berpuasa dengan fresh,” tutur anak bungsu dari enam bersaudara ini. Ditambahkan Fachrul sebaiknya kita memanfaatkan moment baik bulan suci Ramadan ini untuk meningkatkan kualitas ibadah kita serta mendekatkan diri kepada Allah.

Berbeda dengan Ika Adhitya Setiawati, cewek berkacamata ini memilih begadang sambil on-line Facebook. “Begadang sambil on-line dong pastinya, chating Facebook ama temen-temen,” ujarnya. “Saya paling males dibangunin kalau lagi tidur pulas, bawaannya pengen tidur lagi, makanya mending begadang aja,” tambah siswi kelas 3 IPA 2 SMAN 6 Makassar ini.

Wow, seru juga nih aksinya. Hal sama diungkapkan sahabat Ika, Widyasari. Cewek yang berulang tahun 8 September mendatang ini juga memilih begadang, “Lebih banyak begadang selama Ramadan, soalnya akhir-akhir ini saya terjangkit sindrom virus Facebook,” celoteh Widya sambil tertawa. Baguslah kalau cuma virus Facebook, daripada virus H1N1, kan bisa berabe Wid, hehe.

Makan sahur ibarat pintu pertama yang harus dilalui dengan benar sehingga persiapan fisik dan stamina dapat terjaga dengan baik. Dengan kondisi tubuh yang sehat, jiwa dan pikiran pun menjadi sehat pula. Puasa tanpa sahur seperti nasi tanpa garam. Anyway, tidur atau begadang nunggu sahur boleh pilih mana, asal jangan sampai lupa untuk sahur, karena sahur, puasa jadi lebih nikmat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s