Djakarta


Jakarta (juga DKI Jakarta) adalah ibu kota dan kota terbesar di Indonesia. Ini juga memiliki populasi lebih besar daripada kota-kota lain di Asia Tenggara. Itu sebelumnya dikenal sebagai Sunda Kelapa (397-1527), Jayakarta (1527-1619), Batavia (1619-1942), dan Djakarta (1942-1972). Terletak di pantai barat laut Jawa, ini memiliki luas wilayah 661,52 kilometer persegi (255,41 mil persegi) dan populasi 8.489.910. [1] Jakarta merupakan negara ekonomi, budaya dan pusat politik. Jakarta merupakan kota terbesar kedua belas di dunia, wilayah metropolitan, yang disebut Jabodetabek, merupakan terbesar keenam di dunia.

Pertama kali didirikan pada abad keempat, kota ini menjadi pelabuhan perdagangan penting bagi Kerajaan Sunda. Seperti Batavia, ini tumbuh sangat sebagai ibukota kolonial Hindia Belanda. Nama Jakarta pada tahun 1942 selama pendudukan Jepang di Jawa, itu membuat Ibukota Indonesia saat negara merdeka setelah Perang Dunia II.

Landmark utama di Jakarta termasuk Bursa Efek Indonesia, Bank Indonesia, dan Monumen Nasional (Tugu Monas). Kota ini merupakan tempat Sekretariat ASEAN. Dilayani oleh Jakarta Soekarno-Hatta International Airport, Bandar Udara Halim Perdanakusuma, dan pelabuhan Tanjung Priok, melainkan dihubungkan oleh beberapa komuter antarkota dan kereta api, dan dilayani oleh beberapa jalur bis yang berjalan pada busways reserved.250px-Indonesia_blank_map.svg

wikipedia.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s