Menilai Tipikal Salesman


PARA SALESMAN (BERWIRANIAGA) bISA MENJADI MUSUH ANDA. MEREKA BISA DATANG DALAM BENTUK DAN UKURAN APAPUN. SEKARANG SAYA BERIKAN PERTUNJUK TYPE-TYPE SALESMAN YANG AKAN ANDA JUMPAI NANTI. TERMASUK BAGAIMANA IA BEKERJA.

  • SALES BARU

Deskripsi
Masih muda, baru bergabung dalam tim, sehingga dia kurang memahami cara menjual yg baik.

Penampilan
Mengenakan setelan baju muran, ekspresi muka agak ketakutan,keren namun potongan rambut kurang pas.

Ucapan favorit
“saya tidak yakin akan hal tsb, tapi saya bisa menanyakannya keapda manager saya.”

Jarang diucapkan
“Jika anda membeli dgn cara leasing , kami akn tawarkan perusaan yg cocok. Mobil ini bebas biaya perawatan hingga batas tertentu.”

Peluang Deal
50%

Cara Menangani
Perlu banyak waktu untuk proses Pembelian. hati-hati dgn pengetahuan yg dia miliki.

  • PENIPU

Deskripsi

Dialah mimpi buruk para pelanggan. Dia akan melakukan dan mengatakan apapun agar anda dapat membeli darinya. Termasuk berbohong kpd anda.

Penampilan

Setelan tajam, Terlalu banyak gel rambut.

Ucapan favorite

“Anda Harus memtuskan sekarang”

Jarang Diucapkan

“Anda tidak usah terburu” memutuskannya”

Peluang Deal

20%

Cara Menangani

Berhati-hatilah, jangan percaya pada semua perkataannya, Jangan biarkan dia menekan anda.l tingalkan dia jika anda sudah tidak merasa nyaman.

  • KURANG HANDAL

Deskripsi

Dia tak mendapatkan solui terbaik untuk anda, meski dia sudah lama menggeluti usahanya/profesinya.

Penampilan

Setelan kurang rapi, baju tidak licin, Ekspresi muka membingungkan.

Ucapan Favorite

“Itu prtanyaan bagus,mari kita lihat brosur”

Jarang Diucapkan

“Jika anda ingin, saya akan menjelaskan keuntungan setiap model”

Peluang deal

30%

Cara Menangani

Apapun yang dia katakan hampir salah semua, jadi jangan percaya, anda mudah menekannya dan mudah membuat dia frustasi.

  • PROFESIONAL

Deskripsi

Seorang profesional yg juur sebagaimana mestinya. Selalu melayani pelanggannya dgn baik. Dan dia pn berhasil menjual banyak mobil.

Penampilan

Berpakaian rapi. Percaya diri. Dan tidak arogan.

Ucapan Favorite

“Lihatlah, apakah mobil ini pas buat anda?”

Jarang diucapkan

“Saya akan membicarakan diskaon dgn anda jika anda mau memberikan uang pemesanan kpd saya”

Peluang Deal

90%

Cara Menangani

Profesional Sejati tidak akn menekan pelanggannya. Dia akan menuntun anda dalam memilih mobil. Jika anda bernegosiasi dgn baik, maka anda memberikan transaksi yg baik pula.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s