Curiosity, NASA Cari Tanda Kehidupan di Mars


 

FLORIDA, suaramerdeka.com – Badan antariksa AS NASA meluncurkan roket baru ke Planet Mars untuk mencari bukti kehidupan di Planet Merah yang berada sekitar 200 juta kilometer jauhnya itu.

 

Sebuah roket tak berawak yang membawa “Curiosity” (Keingintahuan) lepas landas dari Cape Canaveral di Florida Sabtu (26/11) pagi waktu setempat. Curiosity adalah robot peneliti terbesar yang NASA kembangkan dengan biaya 2,5 miliar dolar.

 

NASA mengatakan, Curiosity akan mendarat di Mars pada bulan Agustus tahun depan. Alat bertenaga nuklir itu akan menggunakan 6 roda untuk bergerak. Curiosity akan mengambil dan menganalisis sampel sampel dan pasir dari permukaan Mars dengan menggunakan berbagai instrumen seperti lengan robot dan bor.

 

NASA memperkirakan tempat Curiosity mendarat akan memiliki elemen air. Badan antaraiksa ini berharap untuk menemukan senyawa organik, tanda kehidupan yang mungkin ada di Mars.

 

Administrator NASA Charles Bolden mengatakan, ia dan staf lainnya sangat antusias untuk mengirim misi ini ke Mars. Ke depan NASA akan mencoba mengirim manusia ke Planet Merah itu. Pemerintah AS telah mengumumkan rencana untuk mengirim pesawat ruang angkasa berawak ke Mars pada pertengahan dekade 2030an.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s